Jumat, 24 Februari 2012

Bisnis Network Marketing

Baca buku seri cashflow for woman berjudul Bunda Luar Biasa – Sukses berbisnis dan bekerja- yang ditulis Ahmad Gozali & Sulistyawati (2007), salah satu alternatif bisnis yang disarankan adalah Network Marketing. Selain ada  Reseller, Bisnis Online,Internet marketing, bisnis kuliner, garmen etc..

Seringkali kita menganggap rendah dan remeh Multi Level Marketing karena harus mencari downline, menjual produk dan segudang alasan lain. Menurut Komentar penulis, alasan-alasan itu pasti timbul karena pernah merasa jadi ‘korban’ .Sehingga kesal jika di kejar-kejar seseorang yang sedang gigih mencari downline dengan cara memaksa dan terkesan kurang cerdas.

Konsep menjual sebenarnya selalu dikerjakan sehari-hari. Dalam dunia kerja pun pada dasarnya kita ‘menjual’ ilmu dan keahlian. Maka tak ada salahnya bisnis MLM dijadikan salah satu alternatif pilihan, asalkan tidak salah memilih MLM. Karena tidak jarang yang berkedok MLM untuk melegalkan  sistem money game atau arisan berantai.

Penulis memasukkan bisnis ini sebagai salah satu pilihan , khususnya bagi para bunda. Alasannya karena di dalamnya banyak sekali ilmu yang bisa diambil untuk memperkuat fondasi dan pengalaman dalam berbisnis. Selain memasarkan, ada keahlian lain yang bisa dipelajari seperti membangun jaringan dan kerja tim. Keahlian ini akan sangat berguna jika suatu saat nanti terjun dalam bisnis di luar MLM.

Dari segi permodalan, MLM dikategorikan tidak membutuhkan modal cukup besar, tergantung dari jenisnya yang diikuti. Ada yang puluhan ribu, ratusan, bahkan ada yang jutaan rupiah. Pemasarannya dapat dilakukan ke rekan kerja kantor, teman, tetangga atau sanak saudara yang membutuhkan.
Disarankan memilih MLM yang terdaftar di APLI (Asosiasi Pedagang langsung Indonesia) yang tidak menerapkan  sistem piramida agar tidak terjebak dalam money game. 

Lebih bijak lagi jika kita pelajari dulu sistemnya, produk yang dipasarkan , pembagian hak dan kewajibannya sebelum memutuskan bergabung. Kalo sudah tergabung, ya silakan pelajari apa yang sudah diputuskan :)
 
Demikian sedikit ringkasan dr ‘buku yang telah disebut diatas’ hehehe...apa hayoo..??? Tentunya sangat kurang memuaskan sehingga mendorong kita untuk lebih banyak belajar dan terbuka dengan ilmu.

So... mau tau lebih jauh tentang sistem dan peluang usaha d’bcnetwork?? Yang menjalankan bisnis asli network marketing dikombinasikan dengan internet marketing/Bisnis Online?? Yang produknya alami dan sangat concern dengan pelestarian lingkuangan?? Yang menjunjung tinggi code of etic dan manusiawi bgt??  Modal juga ga gede-gede amat tu..silakan KLIK disini Insya Allah sip daah.
エルのビジネスえらいです。Bisnise eru seru www.bisniseeru.co.in

Tidak ada komentar:

Posting Komentar