Rabu, 11 Juli 2012

Istilah Wewangian, kadar alkohol dan hukumnya.

Ada yang terlewat rupanya tulisan ini belum dipindahin dari rumah lama.


Begabung di d'BCNetwork membuatku 'terpaksa' belajar, baik produk maupun sistemnya. Kali ini tertarik dg istilah EDT (eau de toillettte). Setelah minta tolong mbah gugel ditambah rangkuman sedikit, inilah hasilnya:

kata eau itu dari bahasa Perancis yang artinya air. Namun eau de toillette tidak bisa diterjemahkan secara harafiah jadi 'air toilet'  karena kedua kata tersebut sudah menyatu dan memberi makna baru yang menyangkut kadar keharuman minyak wangi.Kata 'Eau de' yang digunakan untuk beberapa istilah minyak wangi dalam bahasa Inggris berarti 'water of' Selain itu juga sering dijumpai tulisan 'pour homme' (bahasa Perancis) yang artinya adalah untuk pria atau dalam bahasa Inggris berarti 'for men' sedangkan lawannya adalah 'pour femme' atau untuk wanita.

Dalam dunia wewangian dikenal 5 tingkatan kadar yang memiliki istilah sendiri-sendiri sesuai dengan kadar wewangiannya.

Kadar wangi yang paling rendah disebut eau de collogne.
Kadar alkohol serta airnya jauh lebih banyak. Tentu saja eau de collogne aromanya tidak tahan lama, umumnya digunakan pada badan.

Setelah itu baru-baru ini sekitar 8 tahun dikenal wewangian dengan istilah body spray.
Kadar alkohol dan air lebih sedikit dibandingkan dengan eau de toilette. Biasanya digunakan setelah mandi dan disemprotkan ketubuh.

Setelah body spray dikenal eau de toilette yang diciptakan dengan kadar wewangian lebih tinggi, namun kadar alkohol juga masih tinggi,biasa disebut Qualitas 2. wewangian ini cocok digunakan untuk kesempatan sehari-hari. Daya tahannya lebih lama, umumnya digunakan pada baju

Kadar alkohol semakin berkurang pada minyak wangi jenis eau de parfum. Minyak wangi jenis ini memiliki aroma yang lebih kuat dan bertahan lebih lama. biasa disebut Qualitas 1. Lebih ringan daripada parfum, namun mempunyai aroma yang lebih tajam dan lebih tahan lama , dibandingkan eau de toilette. Jenis wewangian umumnya digunakan pada baju

Terakhir adalah parfum . Kadar wewangiannya sangat tinggi namun kadar alkoholnya sangat rendah. Aromanya sangat kuat dan bertahan sangat lama, tak heran kalau parfum harganya sangat mahal. Ini disebabkan kandungan Bibit Parfum Murni 100% (pure parfume), umumnya digunakan pada Kulit.

Sedangkan dalam dunia industri, biasanya perusahaan minyak wangi memberikan label wewangian sebagai berikut :
1    Soie de Parfum
Soie de Parfum adalah jenis yang tidak biasa beredar di pasaran komersial, sama seperti pure perfume, dengan konsentrasi 15%-18% minyak perfume, dapat bertahan kurang lebih 3-6 jam jika digunakan.

2    Eau de Parfum
adalah jenis yang sedikit umum di pasaran dengan konsentrasi minyak antara 8%-15% dan bertahan kurang lebih 3-5 jam jika dipakai. Harganya sedikit lebih mahal dari pada concentrated fragrance, tergantung dari merk dan jenisnya

3    Eau de Toilette
adalah jenis yang sangat umum di pasaran industri wewangian. Konsentrasi minyak parfum yang dikandung kurang lebih antara 4%-10% dan bertahan antara 3-4 jam jika digunakan. Jenis ini biasanya jenis terkuat yang disediakan untuk parfum pria.

4    Eau de Cologne
adalah jenis dengan konsentrasi minyak 2%-5% dan dapat bertahan 1 sampai dengan 3 jam. Jenis ini dulu sempat sangat populer tapi saat ini sudah tidak sebanyak dulu, umumnya untuk jenis parfum wanita, masih sedikit umum dijumpai untuk perfume pria

5    After Shave
adalah jenis dengan campuran dengan konsentrasi minyak 3% atau kurang, dan dapat bertahan kurang lebih 2-3 jam dan cukup umum dijumpai. Biasanya pada after shave mengandung balm atau aloe (lidah buaya) yang digunakan untuk menenangkan pori-pori setelah bercukur bagi para pria, dan kandungan alkoholnya juga berfungsi untuk menutup kembali pori-pori.

6    Eau Fraiche
adalah jenis dengan campuran kurang dari 3% dan bertahan hanya sekitar 1 jam saja. Biasa pula disebut dengan nama Perfume Mist atau Splash.

Itu jika dilihat secara ilmiah ya, sedangkan secara syar'i hukum alkohol dalam parfum bisa dilihat di :

http://www.ustsarwat.com/web/ust.php?id=1162365939
http://www.halalguide.info/2009/01/01/parfum-bukan-sekedar-alkohol/
http://www.konsultasisyariah.com/hukum-memakai-parfum-alkohol/

kalo masih kurang googling sendiri ya hehehe. Ada yang membolehkan ada juga mengharamkan. Tergantung kita meyakini yang mana. seperti biasa terjun dalam dunia kecantikan tetep harus bijak & hati-hati dalam memakainya. Kalo saya pribadi pakenya di kulit jadi kalo wudhu bisa dibasuh. Ato pake di baju yang ga dipake sholat untuk lebih hati-hatinya. Mengenai produk sih Insya Allah menggunakan bahan yang aman dan halal karena Oriflame sudah menjaminnya. Jadi agak tenang menggunakan produknya.

Sementara itu dulu. Ada lagi yang mau tantangan untuk nambah ilmu, nambah teman ato nambah penghasilan?? ikut disini ya..

1 komentar: